Minggu, 11 Oktober 2015

[Review] Earpods Apple iPhone 5 || Worth Price and Comfort!

Dunia Audio itu memang mahal, itu yang dikatakan oleh teman saya dari seorang audiophiler, bayangkan saja, sekarang headphone lebih mahal daripada Amplifier nya, apa itu strategi marketing atau apalah saya juga gak terlalu mengerti. Kali ini saya akan Review earpods Apple iPhone 5, yang katanya memang nyaman digunakan, ya memang itu dikatakan benar karena saya sendiri sudah mencoba nya.
Dirilis pada tahun 2012 lalu, Earpods ini masih sukses dan masih digunakan untuk memproduksi iPhone, karena memang Earpods ini banyak digemari oleh kalangan menengah. Bayangkan saja harga retail nya di Apple Store nya saja sampai 350k. Lah kalau saya punya uang segitu mendingan beli Power Amplifier :D . Dengan harga segitu para kalangan menengah bisa menikmati audio lebih clear dan nyaman. Oh ya Earpods ini memang sudah accessories build in dari iPhone jadi kalau lebih iPhone dapet Earpods ini. Lumayan kan?
Untuk desain Apple memang pintar, Earpods ini memiliki desain untuk yang tidak dimiliki oleh vendor lainnya, saya malah bilang Earpods ini lebih unik daripada Earphone Samsung Mid-End yang bentuk nya seperti keong itu loh. Karena Apple fokus di kenyamanan, masalah bass, mungkin Samsung menang karena desain Earphone nya yang enak untuk mendengarkan suara bass. 

Kualitas suara Earpods ini sangatlah clear, lebih lebih dari yang dimiliki Samsung. Apa karena desain atau komponen nya yang bagus. Tapi benar-benar detail walaupun saya memakai soundcard Laptop murahan. Cuma jika saya memakai soundcard Laptop murahan dan menggunakan Custom driver, suara bass yang dihasilkan menjadi noise, frekuensi naik turun, setelah saya selidiki, ternyata memang soundcard nya yang jelek karena daya hasil nya hanya 1.5 volt. Rekomendasi untuk menghasilkan suara detail di Desktop. Lebih baik memakai soundcard external, karena daya output nya 5 volt 0,5 amp.

Percobaan yang cocok untuk Earpods ini adalah musik akustik, DJ dan Pop Rock. Dengan menggunakan equalizer normal. Untuk desktop ditambah Software Viper4Windows lebih baik karena bisa memaksimalkan suara bass. Tapi setting nya jangan terlalu berlebihan nanti telinga Anda bermasalah :D
Oh iya Earpods ini sangat awet, sudah berkali-kali saya tekuk, ditarik, dicakar kucing tetap saja beroperasi normal. Malah Earpods Apple saya pernah dilandas mobil tetep saja normal, namun ada sedikit bekas tekukan, tapi gak ada masalah kok :)
Nah bagaimana? Apakah Anda ingin membeli atau menggunakan Earpods Apple ini? Namun Anda harus hati-hati karena banyak produk kw kw'an loh. Oh ya untuk membedakan Earpods ori sama kw saya berikan tips nya :
1. Lihat kabel pada Earpods, jika ada tulisan "Designed by Apple in California Assembled in China (Kode seri Earpods)" maka itu barang ori, namun ternyata ada aja kw yang pake tulisan ini, ternyata yang kw itu kode seri nya gak ada, kode seri Earpods Apple ada 12 digit yang terdiri dari angka dan huruf. Cek apakah distributor itu melakukan penipuan dengan memeriksa 3 Earpods yang mereka jual, jika salah dari ketiga memiliki kode seri yang sama, maka barang itu kw. (Kode seri pada Earpods itu berbeda beda)
2. Cek fungsi remote pada Earpods, yang ori bisa digunakan untuk siri dan stop play, dan tombol volume up down bisa digunakan untuk mengatur volume. Sedangkan yang kw gak bisa digunakan, paling cuma stop play, gak bisa buat siri sama volume. *Test hanya bisa dilakukan di Device Apple
3. Cek kualitas suara, kalau bisa kasih pinjam ke audiophiler supaya mereka bisa Test audio. Tapi Anda bisa melakukan nya sendiri, cek suara dengan volume besar dan jika suara masih clear maka itu ori, jika ada noise, distorsi maka kw. *Audio jangan yang hasil pak tani, beli di iTunes!
4. Cek kenyamanan saat dipakai, ori sama kw pokoknya beda deh rasanya, yang ori udah bener bener nyaman, mau dipakai sambil tidur oke, belajar oke, fapfap? Eh. Oke juga lah dipakai ngapain aja, kalau yang kw ada yang bikin telinga sakit seperti bahan plastik pada Earpods kw nya, bikin telinga merah.
5. Kompatibel dengan Jack 3.5mm lainnya. Tetap clear dipakai device lainnya.
Itu aja ya Review saya. Kalau ada kesalahan mohon di koreksi ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar